Penulis / NIM
SARLINA H. BUO / 131413075
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program alfamart class; (2) pihakpihak yang terlibat dalam program alfamart class; (3) implikasi program alfamart class.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisisdata dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program alfamart class meningkatkan kompetensi,skill, daya saing, inovasi, kreativitas, potensi dan kesiapan bekerja di dunia industri ritel; (2) pihak yang terlibat dalam program alfamart class terdiri dari PT. Sumber Alfaria Trijaya, sebagai pihak industri, Kemedikbud sebagai regulator dalam memfasilitasi program alfamart class, dan SMK sebagai operator implemenasi program alfamart class.Ketiga institusi tersebut memiliki satu visi, misi dalam upaya membentuk terobosan dibidang pendidikan khususnya dibidang ritel dalam membentuk SDM yang handal dan kompetitif yang mampu terserap dan menjawab tantangan dunia kerja di era revolusi
industri 4.0; (3) alfamart class berimplikasi pada peningkatan mutu lulusan SMK dan
relevansi lulusan SMK sesuai dengan SKKNI dan KKNI di bidang industri ritel. Untuk itu disarankan: (1) bagi Dikbudpora Provinsi Gorontalo, mempererat sinergitas, komunikasi serta mengeluarkan kebijakan serta regulasi yang dapat mendukung keberlanjutan dan pengembangan program alfamart class; (2) bagi PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), senantiasa melakukan evaluasi dan monitoring terkait keberhasilan pencapaian program alfamart class; (3) bagi SMK Negeri 1 Gorontalo dan SMK lainnya penyelenggara program alfamart class untuk melakukan kooridinasi secara berkala dengan Dinas Pendidikan dan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart); (4) bagi Guru, untuk lebih meningkatkan kemampuan dan inovasi pembelajaran melalui program alfamart class sehingga minat, potensi, serta bakat yang dimiliki oleh peserta didik dapat berkembang secara optimal; (5) bagi Siswa, kiranya untuk dapat lebih berusaha semaksimal mungkin untuk mengasah kemampuan di bidang ritel melalui program alfamart class dengan senantiasa bersunguh-sungguh dalam menerima materi pembelajaran baik seara teori
maupun praktek dilapangan; (6) bagi peneliti berikutnya, hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan tentang program alfamart class yang dapat ditinjau dari metode penelitian yang lain guna memperoleh hasil yang lebih maksimal tentang program alfamart class di Sekolah Menengah Kejuruan.
Kata kunci: Alfamart class, SMK, pendidikan ritel.
Download berkas