Penulis / NIM
HIJRA LADERI / 131413087
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Hijra Laderi. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Pelayanan Akademik Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. Abd Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelayanan perkuliahan, pelayanan administrasi akademik, dan pelayanan bimbingan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan perkuliahan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik, 75.10% 2) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan administrasi akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik, 73.07% 3) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan bimbingan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik. 74.99%
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan : 1) Pimpinan Fakultas : meningkatkan perhatian dalam pengadaan dan perbaikan sarana perkuliahan, menambah jumlah ruang kelas untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan jumlah mahasiswa, memberlakukan hukuman yang tegas terkait dengan aturan pelaksanan UTS/UAS bagi mahasiswa dalam penggunaan seragam hitam putih, 2) Ketua Jurusan/Prodi : menyediakan papan informasi, mendorong dosen penasehat akademik untuk mengadakan temu PA setiap bulannya, 2) Dosen : memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa meskipun ditengah kesibukkan, membuat program kerja untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa diluar perkuliahan, meningkatkan komitmen dalam melaksanakan aturan dan tata tertib perkuliahan, 4) Pegawai, diharapkan lebih tanggap dalam memberikan pelayanan baik yang berkaitan dengan keluhan dan pengurusan administrasi, 5) Mahasiswa : meningkatkan komitmen dalam mempertahankan keadaan sarana perkuliahan yang ada saat ini, meningkatkan perhatian terhadap aturan yang berlaku dalam pelaksanaan perkuliahan, 6) Peneliti lainnya, dapat mengembangkan penelitian ini untuk lokasi yang berbeda.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Mahasiswa, Pelayanan Akademik
â
Download berkas