SKRIPSI

Penulis / NIM
TIRSA MEILIKA RUSDI / 131413089
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) Pemetaan muatan soft skill pada mata kuliah keahlian profesi, di program studi Manajemen Pendidikan FIP UNG. (2) Jenis soft skill apa saja yang terkandung dalam mata kuliah keahlian profesi di program studi Manajemen Pendidikan FIP UNG. Penelitian ini menggunakan metode analisis conten dengan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatori. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mata kuliah yang mengandung Muatan soft skill yang terpetakkan dalam Mata Kuliah Keahlian Profesi yang terdiri dari Mata Kuliah Kewirausahaan Pendidikan dan Praktik Kewirausahaan, Penulisan Karya Ilmiah, Aplikasi Informasi Teknologi Manajemen Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Statistika, Profesionalisasi Manajemen Pendidikan (2) Jenis soft skill pada mata kuliah keahlian profesi yakni a) Mata kuliah kewirausahan pendidikan 7 soft skill terpenuhi, b) Mata kuliah praktek wirausaha 7 soft skill terpenuhi, c) Mata kuliah penulisan karya ilmiah 4 soft skill terpenuhi, d) Mata kuliah aplikasi it manajemen pendidikan 5 soft skill terpenuhi, e) Mata kuliah penelitian kuantitatif 3 soft skill terpenuhi, f) Mata kuliah penelitian kualitatif 3 soft skill terpenuhi, g) Mata kuliah Statistika 5 soft skill terpenuhi h) Mata kuliah profesionalisasi manajemen pendidikan 5 soft skill terpenuhi. I) Mata kuliah pembinaan kompetensi mengajar di sekolah dan menengah 4 soft skill terpenuhi. Untuk itu disarankan: (1 Bagi Program Studi agar mengidentifikasi kebutuhan soft skill bagi mahasiswa, sehingga program-program yang akan dilaksanakan dapat lebih terarah sesuai dengan prioritas muatan soft skill yang ingin dikembangkan oleh jurusan. (2) Bagi dosen manajemen pendidikan, perlu melakukan suatu evaluasi terhadap program-program pengembangan soft skill dengan membuat suatu instrumen pengukuran indikator soft skill mahasiswa pada mata kuliah yang diajarkan. (3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat mengembangkan penelitian ini dengan lebih meneliti formula pembelajaran terutama dalam pengembangan pembelajaran keahlian atau soft skill mahasiswa. Kata kunci : Pemetaan, soft skill
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011