Penulis / NIM
WAHYUNITA SAMAD DANIAL / 131413090
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Wahyunita S. Danial 2018, Implementasi Fungsi Manajemen Bagi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Besse Marhawati M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi fungsi Perencanaan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, (2) implementasi fungsi Pengorganisasi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, (3) implementasi fungsi Koordinasi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, (4) implementasi fungsi Motivasi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, (5) implementasi fungsi Staffing Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, (6) implementasi fungsi Evaluasi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi fungsi Perencanaan Kepala Sekolah berada pada kategori sangat baik, (2) implementasi fungsi Pengorganisasian Kepala Sekolah berada pada kategori baik, (3) implementasi fungsi Koordinasi Kepala Sekolah berada pada kategori sangat baik, (4) implementasi fungsi Motivasi Kepala Sekolah berada pada kategori baik, (5) implementasi fungsi Staffing Kepala Sekolah berada pada kategori baik, (6) implementasi fungsi Evaluasi Kepala Sekolah berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: 1) kepala Sekolah, diharapkan dapat memperhatikan perkembangan sekolah, 2) bagi guru, di harapkan dapat mengembangkan diri dan meningkatkan ilmu pengetahuannya dalam kemajuan proses mengajarnya, 3) bagi siswa, diharapkan dapat memperhatikan program-program sekolah, seperti menjaga kebersihan sekolah, 4) Peneliti lainnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menemukan indikator lain yang sesuai dengan penelitian.
Kata Kunci: Manajemen, Fungsi Manajemen, Kepala Sekolah
Download berkas