Penulis / NIM
FITRI OTOWALI / 131413100
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Otowali, 2017 Studi Perbandingan Kinerja Guru Honorer yang Tersertifikasi dan belum Tersertifikasi di SMP Se-Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Manajemen Pendidikan, Pembimbing 1 Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I, M.Pd.I, dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kinerja guru honorer yang tersertifikasi dan belum tersertifikasi di SMP Se-Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang di gunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Se-Kabupaten Gorontalo, dengan populasi berjumlah 66 guru honorer terdiri dari 33 guru honorer yang tersertifikasi dan 33 guru honorer belum tersertifikasi. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara. Data selanjutnya dianalisis menggunakan Uji-t
Dari hasil penelitian menunjukkan kinerja guru honorer yang tersertifikasi dan belum tersertifikasi memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan perhitungan Uji-t, yaitu Hasil uji-t diperoleh t_hitung sebesar 3,85 lebih besar dari t_(tabel ) 2,000 artinya Ho ditolak. Dengan rata-rata skor kinerja guru honorer yang tersertifikasi 107.66 sedangkan rata-rata skor kinerja guru-guru honorer yang belum tersertifikasi sebesar 102.65 artinya kinerja guru honorer yang tersertifikasi lebih tinggi dari pada kinerja guru honorer yang belum tersertifikasi.
Selain uji-t data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data presentase.
Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kinerja guru honorer yang tersertifikasi yang tinggi yakitu sebesar 86,75% dibandingkan dengan guru honorer yang belum tersertifikasi sebesar 82,67%.
Terkait dengan penelitian tersebut disarankan kepada (1) Dinas pendidikan agar dapat memberikan pelatihan kepada guru-guru honorer khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang kerja guru honorer masing-masing. (2) Kepala Sekolah agar sekolah dapat memberikan motivasi yang lebih besar kepada guru-guru honorer baik yang tersertifikasi maupun belum tersertifikasi untuk lebih meningkatkan kinerjanya. (3) Guru-guru honorer agar lebih termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. (4) peneliti agar dapat meningkatkan wawasan tentang kinerja guru baik guru tetap maupun guru honorer.
Kata kunci : Kinerja Guru, Sertifikasi Guru
Download berkas