Penulis / NIM
SUNARTIN DJAFAR / 131413107
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Sunatin Djafar 2019, Perspektif Penatan Kelas dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Sekecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (1) Dr.Hj.Nina Lamatenggo,SE,M.Pd dan pembimbing (II) Dr. Besse Marhawati M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) penerapan perspektif penataan kelas preventif dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Se-kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow, (2) penerapan perspektif penataan kelas penguatan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Se-kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, (3) penerapan perspektif penataan kelas yang berpusat pada siswa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Se-kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif persentase. tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. tehnik analisis data yang di gunakan adalah teknik analisi deskriptif dengan menggunakan formula persentase. perspektif penataan kelas penguatan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan perspektif penataan kelas preventif dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90,20%, (2) penerapan dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 94,04%, (3) penerapan perspektif penataan kelas yang berpusat pada siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 96,18%. untuk itu di sarankan : (1) bagi sekolah, penelitian ini dapat memberikan informasi pentingnya melaksanakan pembelajaran berdasarkan perspektif penataan kelas, (2) bagi guru, penelitian ini, di harapkan agar dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan dalam melakukan penataan kelas (3) bagi peneliti ini dapat di jadikan masukan baru yang statusnya sebagai peneliti, serta menambah dan memperkaya pemahaman dalam pembelajaran.
Kata kunci : Perspektif penataan kelas, Pembelajaran
Download berkas