Penulis / NIM
SUHARTO PAKAYA / 131413108
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Suharto Pakaya, 2017. "Analisis Sekolah Efektif di MAN Insan Cendekia
Gorontalo". Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Pof.
Dr. phil.Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) struktur kurikulum yang terstandar, 2)
proses pengambilan keputusan yang demokratis, 3) kesesuaian sumber daya
manusia, 4) hasil akademik yang berkualitas, 5) kepemimpinan kepala sekolah
yang kuat, 6) iklim sekolah kondusif dari sekolah efektif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) struktur kurikulum yang terstandar
berada pada kategori efektif, 2) proses pengambilan keputusan yang demokratis
berada pada kategori cukup efektif, 3) kesesuaian sumber daya manusia berada
pada kategori sangat efektif, 4) hasil akademik yang berkualitas berada pada
kategori sangat efektif, 5) kepemimpinan kepala sekolah yang kuat berada pada
kategori sangat efektif, 6) iklim sekolah kondusif berada pada kategori sangat
efektif.
Untuk pengembangan sekolah efektif, penelitian ini menyarankan sebagai berikut:
1) bagi dinas pendidikan diharapakan beberapa aspek penelitian diatas dijadikan
contoh bagi sekolah lain, 2) bagi kepala madrasah diharapkan dapat meningkatkan
kinerja yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan, 3) bagi guru
diharapakan dapat lebih mendukung segala keputusan yang telah disepakati untuk
menjadikan sekolah lebih efektif.
Kata kunci : Sekolah Efektif, Kurikulum, Pengambilan keputusan, SDM,
Akademik, kepemimpinan, iklim sekolah
Download berkas