SKRIPSI

Penulis / NIM
MASNI HULOPI / 131413109
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK Masni Hulopi. 2020. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Kota Utara; (2) bagaimana kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara; (3) pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrument, reliabilitas instrument, statistik deskriptif, uji normalitas data, uji linearitas dan keberartian regresi serta uji signifikasinsi korelasi dengan uji t. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87.68%; (2) kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87.50%; (3) pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Untuk itu disarankan: (1) bagi kepala sekolah, diharapkan agar dapat melaksanakan kegiatan supervisi secara terus menerus dan berkesinambungan guna meningkatkan kinerja guru; (2) bagi guru, hendaknya untuk dapat proaktif serta responsip terhadap saran maupun kritik yang diberikan oleh kepala sekolah melalui pelaksanaan supervisi, sehingga perbaikan-perbaikan berkaitan dengan kinerja guru dapat berjalan optimal; (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk menelusuri lebih dalam dan spesifik lagi terkait pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan menggunakan metode lain ataupun dengan menambahkan variabel lain yang dapat memberikan hasil penelitian yang lebih baik lagi kedepannya. Kata kunci: Supervisi, kepala sekolah, kinerja guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011