Penulis / NIM
MASNI HULOPI / 131413109
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Masni Hulopi. 2020. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap
Kinerja Guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara. Skripsi Jurusan Manajemen
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing
I Prof. Dr. Ansar S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan supervisi
kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Kota Utara; (2) bagaimana kinerja guru di
SDN se-Kecamatan Kota Utara; (3) pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah
terhadap kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara. Metode yang digunakan
yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas
instrument, reliabilitas instrument, statistik deskriptif, uji normalitas data, uji
linearitas dan keberartian regresi serta uji signifikasinsi korelasi dengan uji t.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah
di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik
dengan persentase 87.68%; (2) kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota
Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87.50%; (3)
pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kinerja guru di SDN se-Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Untuk itu
disarankan: (1) bagi kepala sekolah, diharapkan agar dapat melaksanakan kegiatan
supervisi secara terus menerus dan berkesinambungan guna meningkatkan kinerja
guru; (2) bagi guru, hendaknya untuk dapat proaktif serta responsip terhadap saran
maupun kritik yang diberikan oleh kepala sekolah melalui pelaksanaan supervisi,
sehingga perbaikan-perbaikan berkaitan dengan kinerja guru dapat berjalan
optimal; (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk menelusuri lebih dalam dan
spesifik lagi terkait pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja
guru dengan menggunakan metode lain ataupun dengan menambahkan variabel lain
yang dapat memberikan hasil penelitian yang lebih baik lagi kedepannya.
Kata kunci: Supervisi, kepala sekolah, kinerja guru
Download berkas