Penulis / NIM
NUR SANDRAWATI DAMA / 131413110
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Nur Sandrawati Dama, 2019.Analisis Kesiapan Sekolah dalam Pengelolaan Pendidikan Karakter (PPK) di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II:
Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikekuatan (strenghts), kelemahan (weakness),peluang (opportunities), dan tantangan (threats)dalam pengelolaan pendidikan karakter di SMP Negeri 2Telaga Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara, dan analisis kuantitatif untuk menganalisis hasil kuisioner atau angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwakekuatan dan peluang (SO)meliputi: (1) kurikulum K13 yang sejalan dengan PPK, (2) adanya tenaga pendidik profesional yang cukup dalam program PPK, (3) adanya kesiapan dan kemauan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran berbasis PPK,(4) dukungan keuangan dan sumber keuangan yang jelas dalam mendukung pelaksanaan program PPK, (5) kecukupan sarana dan prasarana pendukung terlaksananya program PPK, (6) keeratan hubungan hubungan sekolah dengan masyarakat terutama dengan orang tua peserta didik, (7) adanya layanan khusus di sekolah seperti UKS dan perpustakaan sehingga menjadi pendukung untuk pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan bagi peserta didik.Kelemahan dan peluang (WO) meliputi: (1) belum terbentuknya karakter peserta didik yang baik seperti karakter religius, integritas, nasionalis, kerjasama, dan kemandirian sehingga perlu dilakukan pembelajaran berbasis PPK,(2) pengaruh negatif lingkungan dan masyarakat di sekitar peserta didik yang dapat mempengaruhi karakter peserta didik sehingga perlu diimbang dengan program PPK.Kekuatan dan tantangan (ST) meliputi: (1) lemajuan teknologi informasi saat ini dapat memberikan informasi secara bebas bagi peserta didik, apabila tanpa pengawasan dan mawas diri dapat memberikan dampak negatif bagi peserta didik, (2) lingkungan yang semakin berkembang dan keragaman masyarakat di sekitar peserta didik dapat menyebabkan terganggunya proses kegiatan pendidikan karakter di sekolah, (3) layanan UKS belum ada tenaga kesehatan yang profesional sehingga perlu bekerjasama dengan pihak luar seperti puskesmas.Kelemahan dan tantangan (WT) meliputi: (1) ketersediaan dana yang sewaktu-waktu tidak mencukupi kebutuhan untuk pengadaan sarana ataupun prasarana yang sifatnya penting sehingga kadang menggunakan sarana dan prasarana alternatif, (2) mata pelajaran TIK tidak diajarkan dalam pembelajaran berbasis karakter sehingga peserta didik perlu belajar/kursus di luar.
Kata Kunci: kesiapan sekolah,pengelolaan pendidikan karakter.
Download berkas