Penulis / NIM
PUSPITA DEWI S. NOHO / 131413112
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Puspita Dewi S. Noho, NIM : 131413112, Evaluasi Program Unggulan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Fory Armin Nawai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tujuan penerapan program unggulan, tujuan proses pembelajaran dan tujuan penyelesaian kendala program unggulan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Kota Gorontalo pada kelas VII Arab1, Inggris1 dan IT1. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 388 orang sedangkan objek penelitian adalah kelas VII ArabI, VII InggrisI, dan VII IT1 dengan jumlah 92 siswa di MTs Negeri Kota Gorontalo. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa tujuan penentuan program, tujuan proses pembelajaran dan penyelesaian kendala program unggulan berada pada kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan melalui data dari hasil penelitian pada kelas VII Arab1, Inggris1 dan IT1 bahwa tujuan penentuan program unggulan ekstrakurikuler sudah sesuai dengan implementasinya skor keseluruhan 4976 presentase 90,14,tujuan proses pembelajaran program unggulan ekstrakurikuler sudah sesuai dengan implementasinya memperoleh skor 2928 dengan presentase 90,93, sedangkan untuk indikator penyelesaian kendala program unggulan ekstrakurikuler sudah sesuai dengan implementasinya skor 3346 dengan presentase 90,92. Adapun saran-saran di simpulkan tujuan penentuan program unggulan, tujuan proses pembelajaran program unggulan di MTs.Negeri Gorontalo sudah sangat baik sehingga diharapkan bagi pihak sekolah agar dapat mempertahankan program ini. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat menambahkan indikator lain yang berhubungan dengan evaluasi penerapan program unggulan ekstrakurikuler, agar dapat memberikan sumbangsi yang bermanfaat kepada pihak sekolah.
Kata Kunci :Evaluasi Ekstrakurikuler, Program Unggulan
Download berkas