Penulis / NIM
SELVIANTI DAUD / 131414002
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Selvianti Daud . 2018. " Kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah dalam Penguatan Karakter Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Terpadu Wira Bhakti Gorontalo)". Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Dr. Arwildayanto M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Novianti Djafri M.Pd.I.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa, (2) Program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, (3) Strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yang diterapkan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bertujuan untuk menggambarkan kepada pembaca dengan mengungkapkan keadaan, peristiwa sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta dilapangan secara mendalam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dapat dilihat dari (1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa terdiri dari agama, budaya, pancasila, tujuan pendidikan nasional dan kepemimpinan spiritual, (2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa terdiri dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa yaitu pembiasaan terjadwal, spontan dan insidental, (3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dilihat dari keteladanan dan visi misi yang ada di sekolah .
Untuk itu peneliti menyarankan sebagai berikut: 1) Untuk kepala sekolah diharapkan terus mempertahankan dan meningkatkan program-program yang dilaksanakan di sekolah terutama dalam hal penguatan karakter pada siswa, 2) Untuk guru diharapkan agar terus memberikan contoh yang baik kepada para siswa dan membantu kepala sekolah dalam menjalankan program sekolah sehingga maksimal dalam mencapai visi sekolah. 3) Untuk siswa diharapkan selalu berperilaku baik mempertahankan nilai-nilai karakter dan lebih meningkatkan ketekunan dalam melakukan kegiatan sekolah. 4) Untuk masyarakat khususnya orang tua diharapkan terus mendukung kegiatan-kegiatan sekolah terkait dengan penguatan pendidikan karakter siswa. 5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dijadikan sebagai bahan referensi.
Kata Kunci : kepemimpinan spiritual, penguatan karakter
Download berkas