Penulis / NIM
SRI WULAN ANTUKE / 131414005
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
SRI WULAN ANTUKE. 2018. Hubungan Perilaku Asertif Dan Skill Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kepuasan Kerja Guru Di SMP Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Hj. Fory Armin Naway, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Perilaku Asertif dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri 1 Gorontalo. 2) Hubungan Skill Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri 1 Gorontalo. 3) Hubungan secara bersama-sama antara Perilaku Asertif dan Skill Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perilaku asertif dengan kepuasan kerja guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, semakin tinggi perilaku asertif kepala sekolah maka kepuasan kerja guru akan meningkat, dengan koefisien korelasi 0.041 atau 4.1% 2) skill kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, semakin kompeten skill kepemimpinan kepala sekolah maka akan meningkat pula kepuasan kerja guru, dengan koefisien korelasi 0.262 atau 26.2% 3) perilaku asertif dan skill kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, jika perilaku asertif dan skill kepemimpinan kepala sekolah semakin baik maka akan semakin meningkat pula kepuasan kerja guru, dengan koefisien korelasi 0.269 atau 26.9%.
Untuk itu disarankan : 1) Bagi Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan kepuasan kerja sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan perilaku asertif dan skill kepemimpinan kepala sekolah. 2) Bagi Guru, penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang perilaku asertif dan skill kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah agar kepuasan kerja guru terpenuhi sehingga mampu untuk mencapai tujuan sekolah bersama-sama. 3) Bagi lembaga khususnya Jurusan Manajemen Pendidikan, penelitian ini dapat dijadikan sebagai dokumen jurusan, dan dapat pula dijadikan untuk meningkatkan perilaku asertif dan skill kepemimpinan dengan kepuasan kerja dosen di Jurusan Manajemen Pendidikan. 4) Bagi peneliti lainnya, dapat dijadikan acuan dan perbandingan untuk melakukan penelitian berikutnya yang berkaitan dengan peningkatan kepuasan kerja guru.
Kata Kunci: Perilaku Asertif, Skill Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru
Download berkas