Penulis / NIM
NOVITANTI DARISE / 131414006
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Novitanti Darise. 2018. Hubungan Partisipasi Guru dalam Pengambilan Keputusan dan Budaya Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin Suking M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Partisipasi Guru dalam Pengambilan Keputusan dengan Motivasi Berprestasi Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. 2) Hubungan Budaya Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. 3) Hubungan secara bersama-sama antara Partisipasi Guru dalam Pengambilan Keputusan dan Budaya Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, artinya semakin tinggipartisipasi guru dalam pengambilan keputusan maka motivasi berprestasi guru akan meningkat. 2) budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, artinya semakin kondusif budaya sekolah maka akan meningkat pula motivasi berprestasi guru. 3) partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dan budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan, jika partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dan budaya sekolah semakin baik maka akan semakin meningkat pula motivasi berprestasi guru.
Untuk itu disaran : 1) Bagi Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman pengembangan motivasi berprestasi sebagai landasan untuk meningkatkan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, budaya sekolah yang kondusif untuk dapat menumbuhkan motivasi berprestasi guru yang tinggi. 2) Bagi Guru, penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dan motivasi berprestasi guru agar lebih bertanggung jawab dalam bekerja sehingga mampu untuk mencapai visi dan misi sekolah
Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Budaya Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru
Download berkas