SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD MELKY PAKAYA / 131414015
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Moh. Melky Pakaya Nim. 131 414 015. Pemanfaatan e-learning dalam Pembelajaran di Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I (Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc), dan Pembimbing II (Dr. Arwildayanto, M.Pd). Tujuan penelitian : Untuk mengetahui pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo ditinjau dari aspek : (1) Kemampuan Guru dalam menjalankan e-learning. (2) Pemanfaatan Mulitimedia Learnes Style (Fasilitas Multimedia) untuk pembelajaran e-learning. (3) Dynamic Updating (Pembaruan Materi Secara Online) dalam pembelajaran e-learning. (4) Interaksi Kelas dalam pembelajaran e-learning.(5) Easy Accessibility dalam pembelajaran e-learning. (6) Keaktifan Siswa dalam pembelajaran e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) kuisioner ; (2) observasi ; (3) dokumentasi. Hasil penelitian menujukan : (1) kemampuan guru dalam menjalankan e-learning berada pada kategori baik sebesar 84.09 %.(2) Pemanfaatan mulitimedia learnes style (fasilitas multimedia) untuk pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup baik sebesar 79.74 %. (3) Dynamic Updating (Pembaruan Materi Pembelajaran Secara Online) dalam pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup baik sebesar 79.45 %. (4) Interkasi Kelas dalam pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup baik 77.85 %.(5) Easy Accessibility dalam pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup baik sebesar 74.52 %. (6) Keaktifan Siswa dalam pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup baik sebesar 75.70 %. Dari hasil penelitian ini maka disarankan, (1). Dalam menunjang aksesibilitas (kemudahan akses) dalam mempelajari e-learning koneksi internet sebagai faktor pendukung pembelajaran ini harus memadai, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Proses pembelajaran dengan media E-Learning sangat bergantung dengan koneksi internet, karena fasilitas internet tidak memungkinkan, maka proses belajar pun dapat terganggu. (2). Pembelajaran E-Learning adalah salah satu alternatif media pembelajaran interaktif yang mengolah keaktifan siswa, guru diharapkan dapat mempersiapkan format yang positif ke murid dan dengan adanya hal-hal yang akan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. (3). Pembelajaran menggunakan media e-learning, dapat membuat aktifitas dan interaksi di kelas antara siswa dan guru yang lebih aktif namun perlu guru-guru yang dapat menyesuaikan komponen yang mendukung, seperti rencana pembelajaran yang lebih efisien agar dapat dilakukan apa yang akan dilakukan, agar disaat pembelajaran berlangsung interaksi siswa atau guru dapat berjalan dengan lancar. Kata Kunci : e-learning, pembelajaran, multimedia, interaksi kelas, keaktifan siswa. ABSTRACT Pakaya, Moh. Melky. Student ID: 131 414 015. The Utilization of e-learning in Education at Wira Bhakti, Gorontalo. Undergraduate Thesis. Department of Education Management. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc. Co-supervisor: Dr. Arwildayanto, M.Pd. The objective of this research is to find out the utilization of e-learning in education at Integrated High School Wira Bhakti Gorontalo viewed from the following aspects: (1) the ability of teachers in running e-learning; (2) the utilization of Multimedia Learners Style for e-learning education; (3) the Dynamic Updating in e-learning education; (4) the Class Interaction in e-learning education (5) the Easy Accessibility in e-learning education, and; (6) Students' Activeness in e-learning education. This descriptive research used quantitative approach. Furthermore, the data collection procedures comprised (1) questionnaire; (2) observation; (3) documentation. The results show that (1) the ability of the teacher in running e-learning is in good category equal to 84.09%; (2) the utilization of Multimedia Learners Style for e-learning education is in passable category of 79.74%; (3) the Dynamic Updating in e-learning education is in passable category of 79.45%; (4) the Class Interaction in e-learning education is in passable category 77.85%; (5) Easy Accessibility in e-learning education is in passable category of 74.52%; (6) Students' Activeness in e-learning education is in passable category of 75.70%. Considering the results above, it is suggested: (1) in supporting accessibility (ease of access) in studying e-learning, internet connection as a core supporting factor should be adequate so that the learning process will run well. Utilizing E-Learning media exceedingly depends on internet connection. If internet service is not possible, then the learning process might be disrupted. (2) E-Learning is one of the alternative interactive learning media that process students' activeness. Teachers are expected to provide positive format for students and things that can improve students' activeness in learning. (3). Using e-learning media can bring more active activities and interactions in the classroom between students and teachers. However, teachers should adjust the supporting components, such as a more efficient lesson plan. Therefore, when learning activities are ongoing, student or teacher interaction can thoroughly run. Keywords: e-learning, education, multimedia, class interaction, student activeness
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011