Penulis / NIM
MEYLANDO DJAFAR / 131414018
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Meylando Djafar, 2018. Hubungan Kemampuan Mengajar Guru dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri Se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phill. H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Hj Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, 2) Hubungan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri Se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo 3) Hubungan secara bersama-sama antara Kemampuan Mengajar Guru dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemampuan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan tingkat koefesien korelasi sebesar 48,6% dan signifikan, artinya semakin baik kemampuan guru dalam mengajar maka motivasi belajar siswa akan meningkat. 2) Kemampuan guru mengelola kelas degan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan tingkat koefesien korelasi sebesar 42,6% dan signifikan, artinya semakin mampu dan kompeten guru dalam mengelolah kelas maka motivasi belajar siswa akan meningkat. 3) Kemampuan mengajar guru dan kemampuan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan tingkat koefesien korelasi sebesar 58,1% dan signifikan, jika kemampuan mengajar guru dan kemampuan guru dalam mengelola kelas semakin baik maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa.
Untuk itu disarankan:1) Bagi Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman pengembangan kemampuan mengajar guru dan kemampuan guru dalam mengelola kelas sebagai landasan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Bagi guru, Penelitian ini dapat menambah pengetahuan guru tentang kemampuan mengajar guru dan kemampuan guru mengelola kelas demi meningkatkan motivasi belajar siswa 3) Bagi Lembaga, Khususnya Jurusan Manajemen Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan sebagai dokumen jurusan, dapat pula dijadikan dasar untuk meningkatkan pengetahuan mahasiwa tentang kemampuan mengajar guru, kemampuan dalam pengelolaan kelas & motivasi belajar siswa. 4)Bagi Peneliti lainnya, dapat dijadikan acuan dan bahan perbandingan untuk penelitian yang berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : kemampuan mengajar guru, kemampuan guru mengelola kelas, motivasi belajar siswa
Download berkas