Penulis / NIM
IRMAWATI HUSAIN / 131414028
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Irmawati Husain, 2018. Evaluasi Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMP Negeri se Kota Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing 1, Dr. Arifin suking, M.Pd dan Pembimbing II, Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konteks dari kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMP Negeri Se Kota Gorontalo, (2) input dari kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMP Negeri Se Kota Gorontalo, (3) proses dari kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMP Negeri Se Kota Gorontalo, dan (4) produk dari kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMP Negeri Se Kota Gorontalo.
Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner dengan menggunakan alternatif berupa skor. Selain itu, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) konteks dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kategori baik, (2) input dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kategori baik, (3) proses dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kategori baik, dan (4) produk dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru berbaasis online berada pada kategori baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa evaluasi kegiatan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMP Negeri Se Kota Gorontalo sudah dilaksanakan dengan baik, dilihat dari segi kegiatan pendaftaran peserta didik baru sampai dengan pengumuman kelulusannya. Artinya apa yang sudah menjadi ketentuan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan yang di inginkan.
Kata kunci: Evaluasi, Penerimaan Peserta Didik Baru, Online
ABSTRACT
Husain, Irmawati. 2018. An Evaluation of New Students Enrollment with Online-Based System in all Junior High Schools in Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Education Management. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Arifin Suking, M.Pd. Co-Supervisor: Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
The purpose of this research is to find out: (1) The context of new students enrollment with the online-based system in all Junior High Schools in Gorontalo City. (2) The inputs of new students enrollment with the online-based system in all Junior High Schools in Gorontalo City. (3) The process of new students enrollment with the online-based system in all Junior High Schools in Gorontalo City, and (4) The product of new students enrollment with the online-based system in all Junior High Schools in Gorontalo City.
The design of this study is an evaluation study employing CIPP evaluation model. The data were collected from questionnaires by using an alternative in the form of scores. In addition, the data collection technique in the form of interview was also used in this research.
The results reveal that: (1) the context of new students enrollment with online-based system is in a good category, (2) the input of new students enrollment with online-based system is in a good category, (3) the process of new students enrollment with online-based system is in a good category, and (4) product in new students enrollment with online-based system is in a good category.
It can be concluded that the evaluation of new students enrollment with the online-based system in all Junior High Schools in Gorontalo City is well-implemented in regards to new students registration and admission announcement. It means that all the process meet the expectation.
Keywords: Evaluation, New Students Enrollment, Online
Download berkas