Penulis / NIM
NUR`AIN RUDJUA / 131414029
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Nur'ain Rudjua. 2018. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Dengan Motivasi Berprestasi Guru Di SMP se Kabupaten Bonebolango. Skripsi.Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru di SMP se-kabupaten Bonebolango. 2) Hubungan budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru di di SMP se-kabupaten Bonebolango. 3) Hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru di SMP se-kabupaten Bonebolango. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien koreasi 0.473 atau 47,3%, 2) Budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 0.424 atau 42,4%, 3) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan budaya sekolah dengan motivasi berprestasi guru memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 0,5146 atau 51,46%. Untuk itu disanrankan: 1) Dinas Pendidikan Kabupaten Bonebolango, memfasilitasi guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan serta memberikan kesempatan yang merata kepada guru-guru dalam meningkatkan kompetensinya dalam berprestasi. 2) Kepala Sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menyediakan fasilitas dan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya. 3) Setiap guru agar lebih meningkatkan disiplin dan kinerja, agar lebih termotivasi untuk mencapai prestasi yang baik, yakni dengan upaya untuk peningkatan kinerja dan profesi dalam mencapai prestasi yang lebih baik, 4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kepemimpinan instruksional kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi berprestasi guru dengan menambah faktor-faktor lain guna mendapatkan berbagai informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru
Download berkas