Penulis / NIM
NOVAL KURNIAWAN PUTRA DAUD / 131414031
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Noval K. Putra Daud, 2018. Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat Kab. Pohuwato. Skripsi, Program studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing 1, Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd dan Pembimbing II, Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I.
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konteks pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat, (2) input pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat, (3) proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat, dan (4) produk pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat. Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) konteks dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah berada pada kategori baik, (2) input dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah berada pada kategori baik, (3) proses dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah berada pada kategori baik, dan (4) produk dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah berada pada kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa evaluasi pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah se Kecamatan Paguat sudah dilaksanakan dengan baik, dilihat dari segi pelaksanaan kegiatan dari tahap pembiasaan sampai dengan tahap pembelajaran telah dilakukan sesuai pedoman pelaksanaan. Artinya apa yang sudah menjadi ketentuan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan yang di inginkan.
Kata kunci: Evaluasi, Gerakan Literasi sekolah
ABSTRACT
Noval k. Putra Daud. 2018. The Evaluation of School Literacy Movement Program Implementation at Elementary Schools throughout the Sub-district of Paguat, District of Pohuwato. Skripsi, Bachelor of Education Management Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd and the co-supervisor is Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I.
This research aims to find out (1) context of school literacy movement program implementation at elementary schools throughout the sub-district of Paguat, (2) input of school literacy movement program implementation at elementary schools throughout the sub-district of Paguat, (3) the process of school literacy movement program implementation at elementary schools throughout the sub-district of Paguat, and (4) the product of school literacy movement program implementation at elementary schools throughout the sub-district of Paguat. The research design is an evaluation study using the CIPP evaluation model. The technique of data collection is a questionnaire and interview. The findings show that: (1) context of school literacy movement program implementation is in good category, (2) input of school literacy movement program implementation is in good category, (3) tyhe process of school literacy movement program implementation is in good category, and (4) the product of school literacy movement program implementation is in good category. The conclusion is the evaluation of school literacy movement program implementation at elementary schools throughout the sub-district of Paguat has been implemented well, it is seen from the activity implementation manual, what has become a provision has gone well in accordance with the desired expectations.
Keywords: Evaluation, School Literacy Movement
Download berkas