Penulis / NIM
NANGSIH RAHMAN / 131414032
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Nangsih Rahman. 2018. Pengaruh Pelaksanaan Fungsi Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Mengajar Guru Di SDN Se Kecamayan Kabila. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. IntanAbd.Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui (1) pengaruh langsung pelaksanaan supervisi kepala sekolah, (2)pengaruh langsung budaya sekolah terhadap motivasi mengajar guru, (3) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap motivasi mengajar guru, (4) pengaruh langsung pelaksanaan supervise kepala sekolah terhadap kepuasan kerja, (5) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap kepuasan kerja. Pendekatan kuantitatif deskriptif korelatif.Populasi adalah seluruh guru di SDN Se Kecamatan Kabila, sebanyak 164 orang, sampel diambil sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan pendekatan jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan : 1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung motivasi mengajar guru, 2) budaya sekolah berpengaruh langsung motivasi mengajar guru, 3) kepuasan kerja berpengaruh motivasi mengajar guru, 4) pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung kepuasan kerja, 5) budaya sekolah berpengaruh langsung kepuasan kerja.
Kata kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kepuasan Kerja, Motivasi Mengajar Guru
Download berkas