Penulis / NIM
NOVA YANTI BOUTI / 131414036
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Nova Yanti Bouti. 2019. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Guru dan Etos Kerja Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 11 Gorontalo.Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan perilaku kepemimpinan pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 11 Gorontalo. 2) Hubungan etos kerja guru dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 11 Gorontalo. 3) Hubungan secara bersama-sama antara perilaku kepemimpinan pembelajaran guru dan etos kerja guru dengan motivasi belajar siswadiSMP 11 Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional.Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku kepemimpinan pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan, 2) etos kerja guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan, 3) Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Guru dan Etos kerja Guru dengan motivasi Belajar Siswa memiliki hubungan yang signifikan.
Saran-saran : 1) Kepala Sekolah, meningkatkan kerja sama yang berkaitan dengan pencapaian tujuan serta adanya perhatian dan pengawasan kepada guru dalam hal pekerjaan maupun sikap yang dimiliki oleh seorang guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap Motivasi belajar siswa. 2) Guru, meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinannya di dalam proses pembelajaran agar siswa menunjukkan perilaku belajar yang positif sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang baik. 3) Siswa, meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. 4) Bagi peneliti selanjutnya,diharapkan dapat lebih memperdalam analisis mengenai perilaku kepemimpinan pembelajaran guru, etos kerja guru, dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan sampel yang lebih besar, serta mengembangkan perspektif yang diteliti lebih luas lagi mislanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: perilaku kepemimpinan pembelajaran, etos kerja guru, motivasi belajar siswa
Download berkas