Penulis / NIM
SUPRIANTO NAIDI / 131414038
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Suprianto Naidi Nim (131 414 038). 2019. SKRIPSI "Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof, Dr, Abd Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd
Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. (2) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo (3) bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. (4) bagaimana tindak lanjut evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif explanatori. Subjek penelitian yaitu guru di Madrasah Ibyidaiyah Muhammadiyah Gorontalo yang berjumlah 38 orang responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik, (2) implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik, (3) evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori cukup baik, (4) tindak lanjut pemberlajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) kepala sekolah memberikan dukungan penuh dan motivasi kepada guru dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran berbasis lingkungan. (2) guru senantiasa mengembangkan kemampuan diri untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan kreatifitas dalam pemberian materi pembelajaran berbasis lingkungan. (3) sekolah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan dalam mendukung proses pembelajaran berbasis lingkungan. (4) siswa lebih berperan aktif dengan menyampaikan ide atau pemikirannya pada proses pembelajaran berbasis lingkungan.
Kata kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Download berkas