Penulis / NIM
IRLAN YANCO / 131414043
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Irlan Yanco. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Budaya Huyula Dalam Penguatan Peran Komite Sekolah di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi Administrsi Pendidikan. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo; (2) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pendukung di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo: (3) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pengontrol di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo; (4) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai mediator di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Untuk menggambarkan kepada pembaca dengan mengungkapkan keadaan, peristiwa sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta dilapangan secara mendalam. Teknik pengumpulan data dalam bentuk obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo, menunjukan bahwa Implementasi Nilai-Nilai Budaya Huyula Dalam Penguatan Peran Komite Sekolah di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo, terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan enam bentuk: (a) Pendataan kondisi sosial ekonomi masyarakat; (b) Pendataan sumber daya pendidikan; (c) Menganalisis hasil pendataan; (d) Pertimbangan pengembangan kurikulum; (e) Pertimbangan dalam peningkatan mutu pembelajaran; (f) pertimbangan dalam penyususnan visi dan misi sekolah; (2) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pendukung di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari tiga bentuk yakni: (a) Dukungan terhadap pengelolaan sumber daya; (b) Dukungan terhadap pengelolaan sarana dan prasarana; (c) Dukungan terhadap pengelolaan anggaran; (3) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai pengontrol di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari tiga bentuk : (a) Mengontrol perencanaan pendidikan di sekolah ; (b) Mengontrol pelaksanaan program sekolah; (c) Memantau output pendidikan; (4) Implementasi nilai-nilai budaya huyula dalam penguatan peran komite sekolah sebagai mediator di SMP Negeri 8 Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari satu bentuk yakni : (a) Melakukan kerjasama dengan pihak sekolah serta seluruh stakeholder dalam penyelenggaran pendidikan; Menerapkan secara efektif dan efisien nilai-nilai budaya huyula dalam peran penguatan komite sekolah.
Kata Kunci : nilai-nilai budaya huyula, komite sekolah.
Download berkas