Penulis / NIM
LISRIYATU LIBUNELO / 131414047
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Lisriyatu Libunelo. 2018. Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Scientific Approach di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc, Pembimbing (II) Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam :
(1) merencanakan pembelajaran scientific approach,(2) melaksanakan pembelajaran scientific approach, (3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach, (4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentsase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam:
(1) merencanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik,
(2) melaksanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik,
(3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik,
(4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik.
Untuk itu disarankan: (1)Bagi Kepala Sekolah, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran scientific approach masih perlu ditingkatkan melalui pelatihan profesi guru khususnya pada wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).(2) Bagi guru, diharapkan lebih memaksimalkan langkah-langkah scientific approach khususnya pada langkah menyimpulkan pembelajaran.
(3) Bagi siswa, diharapkan dapat menaati segala aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.(4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai pembelajaran scientific approach dalam kurikulum 2013.
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran Scientific Approach
Download berkas