SKRIPSI

Penulis / NIM
LISRIYATU LIBUNELO / 131414047
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Lisriyatu Libunelo. 2018. Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Scientific Approach di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc, Pembimbing (II) Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam : (1) merencanakan pembelajaran scientific approach,(2) melaksanakan pembelajaran scientific approach, (3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach, (4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentsase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam: (1) merencanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (2) melaksanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1)Bagi Kepala Sekolah, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran scientific approach masih perlu ditingkatkan melalui pelatihan profesi guru khususnya pada wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).(2) Bagi guru, diharapkan lebih memaksimalkan langkah-langkah scientific approach khususnya pada langkah menyimpulkan pembelajaran. (3) Bagi siswa, diharapkan dapat menaati segala aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.(4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai pembelajaran scientific approach dalam kurikulum 2013. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran Scientific Approach
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011