Penulis / NIM
						GITA FEBRIYANI MALIK / 131414049
						Program Studi
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
						Abstrak
						ABSTRAK
Gita Febriani Malik, 2018. Strategi  Kepala Sekolah  dalam  Pengelolaan Kelas  Huyula di SDN 2 Telaga. Skripsi, Program studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas. M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan:(1) Strategi kepala sekolah melibatkan guru dalam pengelolaan kelas huyula (2) Strategi kepala sekolah  melibatkan orang tua dan masyarakat dalam pengelolaan kelas huyula (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas huyula. Metode penelitian  inii dengan menggunakan kualitatif dan observasi. Tehnik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala sekola dalam melibatkan guru dalam pengelolaan kelas huyula di SDN 2 Telaga yaitu  strateginya selalu memberikan motivasi agar orang tua ikut berpartisipasi dalam pengelolaan kelas huyula,  dan selalu mengarahakan, mengkordinir orang tua dalam berkerja di kelas (2) Strategi kepala sekolah dalam melibatkan orang tua dan masyarakat dalam pengelolaan kelas huyula yaitu mengadopsi kerja sama antara pihak sekolah, orang tua murid, masyarakat untuk membangun sekolah yang lebih baik lagi melalui proses kelas huyula.(3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas huyula yaitu dilihat dari kehadiran orang tua yang sebagian kecil tidak hadir dalam rapat, dan keberhasilan dalam pengelolaan kelas huyula dilihat dari antusisme dari orang tua,  komitmen dan kerja sama yang baik dari orang tua.
Kata kunci : Pengelolaan Kelas, Huyula
						Download berkas