Penulis / NIM
SINTYAWATI KAABA / 131414051
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Sintyawati Kaaba. 2018. "Kepemimpinan Berbasis Budaya Religius di MI Terpadu Al-Ishlah Gorontalo". Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penyusunan program sekolah berbasis budaya religius, (2) pelaksanaan kegiatan berbasis budaya religius, (3) nilai-nilai yang diterapkan dalam kepemimpinan berbasis budaya religius, (4) habituasi warga sekolah dalam penerapan budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data memperpanjang kehadiran peneliti di lokasi penelitian, observasi yang mendalam, triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik serta membercheek. Hasil penelitian menunjukkan (1) penyusunan program sekolah berbasis budaya religius antara lain kepala sekolah melakukan perencanaan pada awal semester untuk membuat program kegiatan sekolah dengan melibatkan personel sekolah yaitu guru dan karyawan, (2) pelaksanaan program kegiatan berbasis budaya religius antara lain kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan yang melibatkan guru, orang tua siswa dan pemerintah, (3) nilai-nilai yang diterapkan antara lain nilai religiusitas, nilai nasionalisme, nilai gotong royong, nilai kemandirian, nilai integritas, (4) habituasi warga sekolah dengan melakukan murojaah hafalan, puasa senin kamis, liqa, sholat dhuha, sholat dzuhur, dan sebagainya. Untuk itu disarankan (1) bagi kepala sekolah agat lebih meningkatkan lagi budaya religius serta prestasi-prestasi yang ada di MI Terpadu Al-Ishlah Gorontalo dan menjalankan selalu program tersebut agar memudahkan warga sekolah dalam mengembangkan pemahaman mengenai agama islam, (2) bagi guru dapat memanfaatkan sebagai perbaikan untuk proses belajar mengajar di kelas serta membantu siswa dalam memiliki kemampuan yang lebih unggul (3) bagi siswa agar tetap dapat melakukan pembiasaan dalam meningkatkan budaya religius, dan (4) bagi peneliti lain bisa menjadi referensi atau bahan pertimbangan
Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Religius
Download berkas