Penulis / NIM
WAHYUNI A. RAHMAN / 131414052
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Wahyuni A Rahman, 2018. Evaluasi pengelolaan Pendidikan Karakter Di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I, Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Pembimbing II, Dr. Arifin, S.Pd, M.Pd.
Evaluasi pengelolaan pendidikan karakter merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi, terhadap penetapan tujuan Pendidikan karakter, nilai Pendidikan karakter, serta mencocokan kriteria yang sudah diterapkap secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konteks dari pengelolaan pendidikan karakter, (2) input dari pengelolaan pendidikan karakter, (3) proses dari pengelolaan pendidikan karakter, dan (4) produk dari pengelolaan pendidikan karakter. Dengan mengunakan metode penelitian evaluasi deskriptif dan desain penelitian yang bersifat studi evaluasi mengunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, and product). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan mengunakan kriteria penilaian alternatif berupa skor. Selain itu, peneliti mengunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) hasil evaluasi konteks dalam pengelolaan pendidikan karakter berada pada kualifikasi sangat sesuai, hal ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks penelitian sudah memenuhi kriteria indikator yang telah ditetapkan. (2) hasil evaluasi komponen input pengelolaan pendidikan berada pada kualifikasi sangat sesuai, hal ini menunjukkan bahwa evaluasi input penelitian sudah memenuhi kriteria idikator. (3) hasil evaluasi komponen proses pengelolaan pendidikan karakter berada pada kualifikasi sangat sesuai, hal ini menunjukkan bahwa evaluasi pada komponen proses sudah memenuhi kriteria indikator yang telah ditetapkan. (4) hasil evaluasi komponen produk/hasil pengelolaan pendidikan karakter berada pada kualifikasi sesuai, hal ini ditunjukkan bahwa evaluasi pada komponen produk sudah memenuhi kriteria indikator yang telah ditetapkan. Untuk itu disarankan: 1) bagi pihak sekolah agar dapat menyusun program yang lebih terstruktur, konsisten dan lebih tegas, 2) bagi guru diharapkan agar lebih meningkatkan strategi dalam pelaksanaan pendidikan karakter kepada siswa, 3) bagi siswa diharapkan lebih bersunguh-sunguh dalam mengikuti keiatan program pendidikan karakter, 4) bagi orang tua dan masyarakat terkhususnya disekitar lingkungan sekolah agar lebih berpartisipasi dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter.
Kata Kunci: evaluasi, pengelolaan, pendidikan karakter
Download berkas