Penulis / NIM
YENNY DJAENA / 131414055
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Yenny Djaena. 2020. Pengelolaan Moving Class (Studi Kasus Di SMP Negeri Widyakrama Telaga Biru). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Drs. H Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Intan Abd. Razak,S.Ag,M.Pd sebagai Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Persiapan Pelaksanaan moving class di SMP Negeri Widyakrama telaga Biru, (2) Strategi pelaksanaan moving class di SMP Negeri Widyakrama, (3). Keunggulan dan kelemahan moving class di SMP Negeri Widyakrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan rancangan studi kasus. sumber data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kepala Sekolah. (2) Wakil Kepala Sekolah. (3) Guru. (4) Siswa. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan: (1) teknik kepercayaan (credibility), (2) teknik pemeriksaan keteralihan (transferability), (3) teknik pemeriksaan ketergantungan (Auditability/ dependability). Hasil penelitian menunjukkan : (1) persiapan dalam moving class dilihat dari dari prosesnya, yaitu dengan melihat kondisi kelas, sarana dan prasarana, dan kesiapan guru dalam proses pembelajaran, (2) strategi pelaksanaan moving class ini, dilihat dari metode-metode yang dilakukan oleh guru, dalam membina peserta didik dilihat dari kedisiplinan dan tindak lanjut, (3) kelemahan dilihat dari kondisi kelas yang belum tertata dengan sempurna, sarana dan prasarana belum semua terlengkapi dan terpotongnya waktu pembelajaran. Sedangkan keunggulannya yaitu adanya suasana yang berbeda setiap terjadi perpindahan ruang kelas, perlunya waktu untuk bergerak sehingga siswa merasa segar dan semangat untuk menerima pembelajaran, siswa dapat berinteraksi dengan siswa dari kelas yang berbeda saat berpindah ruangan. Sekolah diharapkan dapat melaksanakan pengelolaan moving class kepada peserta didik sesuai dengan ketentuan dan kondisi sekolah dengan memaksimalkan peran seluruh stakeholders yang ada di SMPN Widyakrama
Kata Kunci : Pengelolaan, Moving Class
Download berkas