Penulis / NIM
WIRANDA MATULU / 131414060
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Wiranda Matulu, 2019. Implementasi Program Literasi Untuk Penguatan Karakter Siswa di SDN 2 Telaga. Skripsi, Program studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, M.Si dan Pembimbing II Dr.Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Program dan jenis literasi untuk penguatan karakter siswa yang dikembangkan di SDN 2 Telaga (2) Strategi pelaksanaan program literasi untuk penguatan karakter siswa di SDN 2 Telaga (3) Dampak pelaksanaan program literasi untuk penguatan karakter siswa di SDN 2 Telaga. Metode penelitian ini dengan menggunakan kualitatif dan observasi. Tekhnik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ) Program dan jenis literasi untuk penguatan karakter siswa yang dikembangkan di SDN 2 Telaga merupakan program yang dilaksanakan pada jadwal yang telah disepakati yaitu literasi sains, literasi religi, literasi bahasa, literasi rengking satu dan literasi lingkungan yangm memiliki karakter yang terkandung didalamnya (2) strategi pelaksanaan program literasi untuk penguatan karakter siswa yaitu mencitpakakan lingkungan yang kaya akan literasi, membimbing siswa melaksanakan literasi dihalaman sekolah, dan membimbing siswa seacara berkelompok sesuai literasi yang akan dilakasanakan (3) dampak program literasi untuk penguatan karakter siswa yaitu ikim sekolah yang lebih baik, prestasi sekolah meningkat, dan prestasi siswa meningkat
Kata kunci : program literasi, penguatan karakter
Download berkas