SKRIPSI

Penulis / NIM
DAHLIYANTI ABAS / 131414063
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Dahliyanti Abas. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Huyula di SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo Provingsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Dr. Hj Fory Armin Nawai, M.Pd, Pembimbing (II) Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pendidikan karakter dalam : (1) Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya huyula dalam pengembangan budaya sekolah, (2) integrasi pendidikan karakter dalam program pembelajaran beebasis budaya huyula, (3) implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan eksrakulikuler berbasis budaya huyula.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentsase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam: (1) Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya huyula dalam pengembangan budaya sekolah, berada pada kategori baik,(2) integrasi pendidikan karakter dalam program pembelajaran beebasis budaya huyula berada pada kategori baik, (3) implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan eksrakulikuler berbasis budaya huyula berada pada kategori cukup baik..Untuk itu disarankan: (1) Bagi Sekolah, kebudayaan tetap di pelihara dan dipertahankan, (2) Bagi Kepala Sekolah, kemampuan guru dalam pembinaan kesiswaan perlu di tingkatkan lagi agar dapat menjadi lebih baik. (3) Bagi guru, diharapkan lebih memaksimalkan langkah-langkah dalam pengintegrasian pada pendidika karakter berbasis budaya huyula pada pembinaan kesiswaan. (4) Bagi siswa, diharapkan dapat menaati segala aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.(5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai evaluasi pendidikan karakter berbasis kearifan local. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Huyula
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011