Penulis / NIM
WIWINANG SEPTIANI TALIB / 131414064
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Wiwinang Septiani Talib. 2018. Analisis kesiapan guru dalam penguatan pendidikan karakter di SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kesiapan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran berbasis karakter (2) kesiapan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran berbasis karakter (3) pola interaksi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesiapan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran berbasis karakter berada pada kategori sangat siap, 2) kesiapan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran berbasis karakter berada pada kategori sangat siap, dan 3) pola interaksi guru berada pada kategori sangat siap. Untuk itu disarankan: 1) Bagi kepala sekolah agar lebih dikembangkan lagi budaya sekolah yang sudah berjalan dengan baik di SDN 2 Telaga agar menjadi contoh buat sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Gorontalo, 2) bagi guru agar lebih dikembangkan lagi kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, 3) bagi siswa agar lebih dikembangkan lagi nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan selama di SDN 2 telaga agar kedepannya bisa menjadi anak yang berbakti untuk bangsa dan negara.
Kata Kunci : Kesiapan Guru, Penguatan Karakter
Download berkas