Penulis / NIM
ANNISA OKTAVIANY KATILI / 131415008
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Annisa Katili. 2020. Implementasi Praktek Kerja Industri Di SMKN 1 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Fory A rmin Naway, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) Perencanaan PRAKERIN, (2) Pelaksanaan PRAKERIN, (3) Pengawasan/Monitoring PRAKERIN (4) Bagaimana Evaluasi PRAKERIN di SMKN 1 Gorontalo.Metode pada penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas XI (Sebelas) 607 Siswa dan Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan perhitungan Rumus slovin dengan hasil sejumlah 100 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis frekuensi.Persentase dan kriteria. Hasil menunjukan bahwa (1) Perencanaan PRAKERIN di SMKN 1 Gorontao berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90,18 % (2) Pelaksanaan PRAKERIN di SMKN 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 92,18 % (3) Pengawasan/Monitoring PRAKERIN di SMKN 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan Persentase 91,95 % dan (4) Evaluasi PRAKERIN di SMKN 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 92,20 % Hal ini menyatakan pelaksanaan PRAKERIN di SMKN 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa-siswa Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa sesuai dengan bidang keahliannya yang profesional dan mampu bersaing di dunia industri. Untuk itu disarankan: Bagi Sekolah yaitu dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa-siswa sesuai dengan bidang keahliannya di SMKN 1 Gorontalo maka perencanaan perlu di kembangkan dalam pelaksanaan kegiatan PRAKERIN. Bagi guru yaitu dapat dijadikan acuan untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan lulusan yang profesional. Bagi siswa yaitu menambah wawasan dan patokan untuk lebih meningkatkan diri agar menjadi lulusan yang profesional dibidang keahliannya. Bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat meperluas wilayah penelitian untuk meningkatkan hasil karya tulis ilmiah dan bisa menjadi acuan dan masukan bagi penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Praktek kerja industri, .
Download berkas