Penulis / NIM
VIVIN ANDRIYANI S. BUKA / 131415011
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Vivin Andriyani S. Buka. 2022. Analisis kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Tibawa . Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Besse Marhawati, M.Pddan Pembimbing II Intan Abdul Razak, S. Ag, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi kepribadian tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Tibawa, (2) kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Tibawa, dan (3) kompetensi teknik tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Tibawa. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu semua guru yang ada di SMPN 1 Tibawa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi, Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Tibawa ditinjau dari tiga kompetensi yaitu : (1) kompetensi kepribadian tenaga administrasi sekolah memperoleh presentase 88.46% dengan kriteria baik. (2) kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah memperoleh presentase 88.22% dengan kriteria baik. dan (3) kompetensi teknik tenaga administrasi sekolah memperoleh presentase 87.30 dengan kriteria baik. Untuk itu disarankan kepada pihak-pihak : (1) kepala sekolah , Diharapkan lebih memperhatikan kemampuan tenaga administrasi sekolah untuk lebih dikembangkan dengan mengikutsertakan tenaga administrasi sekolah dalam pelatihan sehingga dapat memberikan pengembangan kapasitas untuk lebih memaksimalkan kegiatan administrasi sekolah yang dilaksanakan. (2) guru, diharapkan dapat membantu dan bekerja sama dengan tenaga administrasi sekolah untuk meningkatkan kinerja tenaga administrasi sekolah. (3) tenaga administrasi sekolah, diharapkan lebih optimal dalam melaksanakan in house training guna meningkatkan kompetensi tenaga administrasi. khususnya yang berhubungan dengan TIK. Karena masih adanya tenaga administrasi yang kurang mampu dalam mengoperasikan komputer.
Kata Kunci: Kompetensi, Tenaga Administrasi Sekolah
Download berkas