Penulis / NIM
YUNI SAFARILA MOHUNE / 131415019
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Yuni Safarila Mohune. 2020. Hubungan Gaya Komunikasi Perilaku Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Unversitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr.Hj. Sitti Roskinah Mas, MM, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) Terdapat hubungan positif antara Gaya Komunikasi dengan Motivasi belajar. (2) Terdapat hubungan positif antara Perilaku Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar. (3) Terdapat hubungan positif antara gaya komunikasi dan perilaku mengajar dosen dengan Motivasi Belajar Metode yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya Komunikasi dengan Motivasi Belajar memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien 1,371 atau 13,71%. (2) Perilaku Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien 0,374 atau 37,4%. (3) Gaya Komunikasi dan Perilaku Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien 0,652 atau 65,2%. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Dosen diharapkan melakukan program untuk menciptakan motivasi kerja dan gaya komunikasi yang aman nyaman dan disiplin guna mendorong motivasi belajar mahasiswa. (2) Bagi mahasiswa diharapkan mengembangkan kreativitas dalam belajar guna meningkatkan hasil belajar. (3) Bagi peneliti, diharapkan dapat lebih memperdalam analisis mengenai gaya komunikasi dan perilaku mengajar dosen dengan motivasi belajar dengan menggunakan sampel yang lebih besar, serta mengembangkan perspektif yang diteliti lebih luas.
Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Perilaku Mengajar Dosen, Motivasi Belajar
Download berkas