Penulis / NIM
SRI WAHYUNI MOHAMAD / 131415042
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Sri Wahyuni Mohamad. 2020. Pembinaan Kesiswaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Almamater Telaga. Skripsi. Pembimbing I Dr. Arifin Suking, M.Pd.,dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembinaan ekstrakurikuler kepramukaan, (2) pembinaan ekstrakurikuler keolahragaan, dan (3) pembinaan ekstrakurikuler kesenian di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Almamater Telaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembinaan ekstrakurikuler kepramukaan berada pada kategori cukup baik, (2) pembinaan ekstrakurikuler keolahragaan berada pada kategori cukup baik, (3) pembinaan ekstrakurikuler kesenian berada pada kategori cukup baik.Untuk itu disarankan : (1) Kepala Sekolah, mengadakan rapat bersama wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru Pembina eksrakurikuler untuk merencanakan, melaksanakan, meningkatkan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah agar dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, (2) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dapat meningkatkan pengawasan atau pemantauan yang lebih pada kegiatan pembinaan ekstrakurikuler kepramukaan, keolahragaan dan kesenian serta dapat membangun komunikasi dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru Pembina ekstrakurikuler, (3) Guru Pembina Ekstrakurikuler, lebih meningkatkan perhatian terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dibinanya dan memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semakin bersemangat dalam mengikuti pembinaan dan latihan pada kegiatan ekstrakurikuler, (4) Siswa, dapat lebih meningkatkan semangat, mengembangkan potensi, bakat dan minat serta keterampilan yang dimiliki dalam mengikuti pembinaan ataupun latihan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, dan (5) Bagi Peneliti Lainnya, dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap lebih mendalam tentang pembinaan kesiswaan dengan permasalahan yang berbeda dan lokasi yang berbeda.
Kata Kunci : pembinaan kesiswaan, ekstrakurikuler
Download berkas