Penulis / NIM
MELKY N. HAKIM / 131415047
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Melky N. Hakim. 2020. Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Profesional Dengan Kinerja Guru di SDN Se Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, M.Si dan Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru di SDN Se Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. 2) Hubungan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru di SDN Se Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. 3) Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Profesional secara bersama-sama dengan Kinerja Guru di SDN Se Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi 0.349 atau 34,9%,2) Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru memiliki hubungan yang signifikan dengan korelasi koefisien 0.479 atau 47,9%, 3) Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru memiliki hubungan yang signifikan dengan korelasi koefisien 0.497 ata 49,7%. Untuk itu disaran: 1) Bagi Institusi, Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan informasi untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sehingga dalam penelitian inipun dapat meningkatkan kinerja guru. 2) Bagi Guru/Honor, penelitian ini diharapkan agar dapat mengerti, memahami dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan menjadi tolak ukur dalam motivasi serta kompetensi profesional dengan kinerja guru untuk hasil kerja sesuai dengan harapan institusi.
Kata Kunci: motivasi berprestasi, kompetensi profesional, kinerja guru
Download berkas