Penulis / NIM
HALIM PANIGORO / 131415049
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Halim Panigoro, 2022. SKRIPSI. ¢"Perilaku Komunikasi Dosen Dalam Berinteraksi Dengan Mahasiswa Pada Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo¢. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, M.Si Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini mengkaji pentingnya perilaku komunikasi dosen dalam berinteraksi dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang: (1) perilaku komunikasi dosen pada saat pembelajaran; (2) perilaku komunikasi dosen pada saat pembimbingan akademik; (3) kecepatan dosen dalam merespon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan yang data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) perilaku komunikasi dosen dalam pembeljaran terjadi ketika dosen menyampaikan materi perkuliakahan kepada mahasiswa dengan komunikasi lisan dalam bentuk ceramah, dosen berdiri depan kelas dan mahasiswa menyimak dan membirikan umpan balik.(2) perilaku komunikasi dosen dalam pembimbingan akademik terjadi ketika mahasiswa melakukan bimbingan terkait pengambilan beban studi, pengesahan KRS (Kartu Rencana Study), pengambilan hasil studi dan masalah prestasi yang diraih mahasiswa. (3) kecepatan dosen dalam merespon mahasiswa yang dilakukan secara langsung atau tatap muka, dan melalui media aplikasi pesan teks yaitu whatsapp. Untuk itu disarankan (1) Bagi Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan perlu adanya sikap terbuka yaitu untuk sikap mau memberitahu dan sikap untuk mau menerima informasi dari mahasiswa, sikap yang mampu mendengarkan dengan penuh perhatian untuk segala sesuatu yang dikatakan agar mahasiswa menjadi semakin berkualitas. (2) Bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan agar lebih mempelajari tentang etika berkomunikasi yang baik, agar lawan bicara kita dapat menyaring informasi baik komunikasi secara langsung (tatap muka), atau komunikasi tidak langsung (menggunakan media). (3) Bagi Peneliti lain, disarankan untuk menambah bahan referensi atau menggunakan jenis metode lain dalam penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Perilaku Komunikasi, Interaksi, Dosen dan Mahasiswa
Download berkas