Penulis / NIM
IRFAN ADAM / 131415058
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Irfan Adam. 2022.SKRIPSI. ยข"Persepsi Mahasiswa Manajemen Pendidikan dalam Pembelajaran Daring di Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.,dan Pembimbing II Bapak Dr. Arifin, M.Pd
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan persepsi mahasiswa manajemen pendidikan dalam pembelajaran daring di Jurusan Manajemen Pendidikan. Penelitian ini bertujuan: a) untuk mengetahui gambaran tentang perencanaan pengelolaan pembelajaran Daring di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, b) untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pengelolaan pembelajaran Daring di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, dan c) untuk mengetahui gambaran tentang evaluasi pengelolaan pembelajaran Daring di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan yang berjumlah 421 mahasiswa sedangkanpengambilansampelpenelitiandenganteknikrandom samplingberjumlah 140 mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan analisis persentase menunjukkan bahwa dari persepsi pembelajaran daringdiperoleh hasil sebagai berikut: perencanaan dengan persentase 82,28% berada pada kategori baik, pelaksanaan dengan persentase 80,84% pada kategori baik, dan indikator evaluasi dengan persentase 80,78% pada kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa dalam pembelajaran Daring di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo sudah berada di kategori sangat puas. Untuk itu disarankan: 1) Disarankan agar pimpinan jurusan Manajemen Pendidikan merencanakan pembelajaran daring dengan baik serta menyediakan media belajar yang dibutuhkan untuk mencapai prestasi pembelajaran yang tinggi agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi dengan baik, 2) Disarankan agar pihak jurusan manajemen pendidikan melakukan menyediakan laptop bagi dosen sebagai tim pengajar dalam proses pembelajaran daring dan mampu menyediakan administrasi dalam pembelajaran daring, dan 3) Disarankan agar Dosen jurusan manajemen melakukan evalusi dalam melakukan penilaian dalam proses pembelajaran daring untuk proses penilaian secara daring dengan baik.
Kata kunci: pembelajaran daring, manajemen pendidikan, dan mahasiswa
Download berkas