Penulis / NIM
ZULDINDAWANTI HARUN / 131415062
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Zuldindawanti Harun. 2020. Hubungan Motivasi kerja Dan Stres Kerja Dengan Kreativitas Guru Di Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Tilongkabila dan Suwawa. Skripsi.Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H Ansar, M.Si dan Pembimbing II Prof. Dr. Novianty Djafri Spd, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan motivasi kerja dengan kreativitas guru di Sekolah Menengah Pertama di kecamatan tilongkabila dan suwawa. 2) Hubungan stres kerja dengan kreativitas guru di Sekolah Menengah Pertama se-kecamatan tilongkabila dan suwawa. 3) Hubungan secara bersama-sama antara motivasi kerja dan stres kerja dengan kreativitas guru di Sekolah Menengah se-kecamatan tilongkabila dan suwawa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi kerja dengan kreativitas guru memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi 0.790 atau 79%, 2) Stres Kerja dengan Kreativitas guru terdapat hubungan yang tidak signifikan dengan korelasi 0.113 atau 11,3%, 3) Motivasi kerja dan stres kerja dengan kreativitas guru memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi 0,690 atau 69%. Untuk itu disarankan: 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaga Pendidikan diharapkan melakukan berbagai hal dalam hal peningkatan motivasi kerja guru agar kreativitas gurupun dapat meningkat 2) Guru sebagai tenaga pendidik diharapkan dapat mengelola stres yang mereka alami agar hal tersebut tidak berpengaruh dalam hal kreativitas mereka 3) Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu sumber acuan atau bahan referensi bagi para peneliti lainnya dalam melakukan penelitiaan selanjutnya yang berkaitan dengan manajemen pendidikan. 4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penenlitian lanjutan terkait hubungan motivasi kerja dan stres kerja dengan kreativitas guru dengan melakukan penelitian dengan skala jumlah sekolah lebih besar serta menambahkan faktor-faktor lainya guna memberikan informasi dan mendaptkan berbagai informasi dalam upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik kreatif.
Kata Kunci: Hubungan Motivasi Kerja dan Stres Kerja dengan Kreativitas Guru
Download berkas