Penulis / NIM
SRI WILANDA MOINTI / 131415063
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Sri Wilanda Mointi. 2021. Evaluasi program supervise kepala madrasah dan pengembangan kurikulum dalam pembelajaran di MTsN 1 kota gorontalo, Skripsi Program studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Manajemen Pendidkan. Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) Prof. Dr. H. kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing (2) Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini tujuan untuk : (1) Mengetahui kebijakan program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen konteks di MTs Negeri I Gorontalo, (2) Untuk mengetahui sumberdaya program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen input di MTs Negeri I Gorontalo, (3) Untuk mengetahui pelaksanaan program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen proses di MTs Negeri I Gorontalo, (4) Untuk mengetahui kinerja kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen produk di MTs Negeri I Gorontalo.
Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi.
Pendekatan yang digunakan yaitu : pendekatan evaluative dan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product).
Analisis data : (1) pengumpulan data, (2) penjajian data, (3) reduksi data, (4) Trianggulasi data atau kesimpulan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukan bawha : (1) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah di lingkungan MTsN I Kota Gorontalo tidak terlepas dari aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama No. 58 Tahun 2017, pasal 3,4 dan 5, (2) Pada penelitian ini, yang termasuk dalam komponen input adalah kepala madrasah, supervisor, guru, sarana dan prasarana, (3) Pada penelitian ini yang termasuk dalam komponen proses adalah pelaksanaan supervisi kepala madrasah yang dilakukan oleh supervisor yang ditunjuk oleh Kementrian Agama, (4) Pada penelitian yang termasuk dalam komponen produk adalah kinerja kepala madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan mutu Pembelajaran.
Kata Kunci : Evaluasi Program, Supervisi, Pembelajaran
Download berkas