Penulis / NIM
NURAENI MAKSUM / 131415064
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Nuraeni Maksum. 2019. Strategi Pengembangan Budaya Sekolah Unggul (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi sekolah mengembangkan budaya disiplin melalui pengembangan diri di SMK Negeri 1 Gorontalo, 2) Strategi sekolah mengembangkan budaya prestasi melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Gorontalo, 3) Strategi sekolah mengembangkan budaya religius melalui keteladanan guru di SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan budaya sekolah unggul di SMK Negeri 1 Gorontalo menerapkan beberapa budaya yakni budaya kerja sama yang dikembangkan dengan membangun networking yang luas kepada steakholder, budaya prestasi melalui kegiatan intrakurikuler yakni selain KBM strategi yang dilakukan yaitu program belajar tambahan berupa kursus-kursus bahasa dan pembinaan kompetensi cerdas cermat dan ekstrakurikuler yakni melalui kegiatan pramuka, olahraga seperti kegiatan bulu tangkis, kesenian seperti menari, dan budaya religius melalui program keagamaan seperti sholat berjamaah, perayaan hari-hari besar islam, program PPK yakni tadarusan pagi bersama warga sekolah SMK Negeri 1 Gorontalo. Untuk itu disarankan: 1) Kepala sekolah, agar dapat meningkatkan dan mempertahankan budaya sekolah yang menjadi ciri khas dari sekolah dan menjadi keunggulan tersendiri dari sekolah, 2) Guru, dapat mendukung segala program yang dibuat oleh sekolah yang menyangkut budaya sekolah unggul, dapat menanamkan nilai-nilai budaya melalui proses pembelajaran, 3) Pegawai administrasi sekolah untuk dapat melaksanakan aturan yang ada dan mengerjakan tugas administrasi dengan penuh tanggung jawab dalam mendukung pencapaian visi misi sekolah, 4) Siswa, untuk dapat melaksanakan tata tertib, aturan dan mencapai prestasi belajar dengan baik, 5) Peneliti, untuk penelitian dimasa mendatang agar lebih dalam lagi akan hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Budaya Sekolah Unggul
Download berkas