Penulis / NIM
FEBRI ALI / 131415069
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Faktor penyebab konflik antara pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo (2) Pengelolaan konflik dalam iklim kerja yang kondusif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo (3) Pencegahan dan penyelesaian konflik agar tercipta iklim kerja yang kondusif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi . Analisis data menggunakan alur (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data (1) kredibilitas, (2) trianggulasi, (3) dependibilitas. Hasil penlitian menunjukan 1) Faktor penyebab konflik antara pegawai di dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten gorontalo adalah perbedaan pendapat karena dalam beberapa organisasi pasti terdiri dari beberapa orang dan beberapa model pemikiran. 2) Pengelolaan Konflik Dalam Iklim Kerja Yang Kondusif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo menjadi salah penyebab terjadinya konflik antara sesama pegawai serta kurangnya komunikasi diantara mereka juga menjadi faktor penyebab konflik diantara mereka. Pengelolaan konflik dalam iklim kerja yang kondusif, pimpinan berupaya semaksimal mungkin untuk member peringatan pada seluruh staf untuk bebas memberikan pendapat tetapi tidak dengan memanfaatkan cara komunikasi yang baik antara sesame pegawai dengan menempatkan tutur katasehingga tidak menimbulkan ketersinggungan dari pihak lain. (3) Pencegahan konflik : (1) menghadirkan komunikasi yang efektif salah satu tujuan utama untuk melakukan mediasi dalam menyelesaikan konflik. (2) Memerikan penerapan aturan baku, dengan adanya aspek penting untuk menerapkan aturan baku, (3) Menciptakan iklim kerja yang harmonis jadi hal menarik. Maka tujuannya harus jelas sehingga bisa banyak memberikan keuntungan bersama.
Kata kunci : Sinergitas Pengelolaan konflik, Iklim kerja
Download berkas