SKRIPSI

Penulis / NIM
SRY MEYLAN A. HARUN / 131415075
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK Sry Meylan A. Harun. 2020. Pengembangan Budaya Belajar Siswa Di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi sekolah dalam pengembangan budaya belajar siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo, 2) Tindak lanjut pengembangan budaya belajar siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pengembangan budaya belajar siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo melalui: a) perencanaan pengembangan budaya belajar siswa dimulai dengan Kepala madrasah setiap awal tahun pelajaran atau mengakhiri tahun pelajaran yang sebelumnya selalu mengadakan rapat pembelajaran, b) pelaksanaan pengembangan budaya belajar siswa dilaksanakan menjalin kerja sama orang tua siswa melalui pengadaan buku di perpustakaan dan menjalin kerja sama dengan pihak atau instansi lain melalui pengadaan TV flat, BI Corner dan Beasiswa, c) pengevaluasian pengembangan budaya belajar siswa melalui pelaksanaan monitoring dilakukan dengan kepala madrasah melakukan kunjungan ke setiap kelas dan pengawasan oleh kepala sekolah melalui pelaksanaan supervise kelas dalam bentuk penilaian kinerja guru dan capaian siswa. 2) Tindak lanjut pengembangan budaya belajar siswa di MAN Insan Cendekia melalui evaluasi tengah semester, ulangan harian dan keikutsertaan siswa dalam KSM 2017 Jogyakarta dan KSM Tingkat Nasional 2019 Sulawesi utara. Untuk itu disarankan: (1) Untuk kepala sekolah diharapkan agar tetap mempertahankan semua prestasi yang telah diraih baik itu prestasi sekolah, kepala sekolah, guru serta para siswa yang di MAN Insan Cendekia Gorontalo dan semua prestasi tersebut agar supaya lebih ditingkatkan lagi; (2) Untuk para guru diharapkan agar lebih meningkatkan kemampuan prestasinya sebagai seorang pendidik, serta dapat menjadi contoh yang baik bagi para peserta didik. (3) Untuk para siswa diharapkan agar lebih meningkatkan kemampuan prestasi dan selalu membanggakan nama sekolah. (4) Bagi peneliti selanjutnya, peneliti berharap penelitian dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk mempermudah proses penyusunan penelitian. Kata Kunci : Pengembangan, Budaya belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011