Penulis / NIM
GREIS AWALIA R. BADU / 131415081
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
Greis Awalia R. Badu. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMP Negeri I Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Arifin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) Tingkat keberhasilan evaluasi konteks (antecedents) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMP Negeri I Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo, (2) Tingkat keberhasilan proses pelaksanaan (transaction) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMP Negeri I Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo, (3) Tingkat keberhasilan hasil (outcome) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMP Negeri I Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian evaluatif, model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Stake, model evaluasi ini terdiri atas tiga tahapan yaitu konteks (antecedents), pelaksanaan (transactions), dan hasil (outcomes). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Rata-rata skor Aspek masukan (antecedents), dengan skor sebesar 61,36%. pada kategori "kurang, (2) Rata-rata skor aspek pelaksnaaan (transaction) dengan skor sebesar 66,92% pada kategori "kurang, (3) Rata-rata skor aspek hasil (outcome) dengan skor sebesar 74,37% dengan kategori "cukup. Impikasi penelitian secara keseluruhan PKB di SMP Negeri 1 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo berada pada kategori yang "kurang yakni sebesar 67,55%. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan PKB di SMP Neger 1 Biluhu belum berjalan dengan baik. Dengan Demikian kepala sekolah dan guru lebih meningkatkan dan serius dalam pelaksanaan PKB.
Kata kunci : evaluasi, pengembangan keprofesian berkelanjutan
Greis Awalia R. Badu. 2019. Evaluation of the Implementation of Sustainable Professional Development in SMP Negeri I Biluhu, Biluhu District, Gorontalo Regency. Thesis. Educational Administration Study Program, Education Management Department, Faculty of Education, Gorontalo State University, The Principal supervisor is Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Arifin S.Pd, M.Pd.
This study intends to find out (1) The success rate of context evaluation (antecedents) of Sustainable Professional Development (PKB) in SMP Negeri I Biluhu, Biluhu District, Gorontalo District, (2) The success rate of the process of implementation (transaction) Sustainable Professional Development (PKB) at SMP Negeri I Biluhu Biluhu District of Gorontalo Regency, (3) The success rate of the outcome (Sustainable Development Professional) (PKB) in I Biluhu Junior High School I Biluhu District of Gorontalo Regency. This study uses an evaluative research approach, the evaluation model used is the Stake evaluation model, this evaluation model consists of three stages, namely context (antecedents), implementation (transactions), and results (outcomes). The data analysis technique in this study uses descriptive percentage analysis. The results showed: (1) The average score of input aspects (antecedents), with a score of 61.36%. in the "less" category, (2) The average score of the aspect of the implementation (transaction) with a score of 66.92% in the "less" category, (3) The average score of the aspect of the outcome (outcome) with a score of 74.37% with the category "enough". The overall research implications of PKB in SMP Negeri 1 Biluhu, Biluhu District, Gorontalo Regency are in the "inadequate" category of 67.55%. This shows that the PKB implementation in Biluhu 1 Junior High School has not been going well. Thus the principal and teachers are more improving and serious about implementing PKB.
Keywords: evaluation, sustainable professional development
Download berkas