Penulis / NIM
HARIYANTO U. KADIR / 131415084
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstrak
ABSTRAK
Hariyanto U. Kadir. 2022. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Organisasi Sekolah di SMK Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (1) Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. dan Pembimbing (II) Sulkifly, S.E., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan sumber daya manusia, (2) bagaimana proses yang di lakukan dalam melayani pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitain ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa gambar saat melakukan wawancara, struktur organisasi, visi misi sekolah, prestasi peserta didik, program kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1 Pengembangan sumber daya manusia di SMK Negeri 1 Dungaliyo, selaku manajerial kepala sekolah selalu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan baik dukungan dari segi biaya maupun motivasi, kepala sekolah melakukan supervisi dalam pembelajaran untuk menilai kompetnsi mengajar guru dan masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, kemudian kepala sekolah melakukan beberapa upaya dalam mengahsilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia indistri dan kerja yaitu dengan melaksanakan program prakerin atau magang dan ujian kompetensi. (2) Proses yang dilakukan dalam melayani pelanggan di SMK Negeri 1 Dungaliyo, selaku manajerial kepala sekolah melakukan penjaminan kualitas untuk kebutuhan siswa dalam proses pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan serta pemenuhan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian kepala sekolah melakukan penilaian tingkat kepuasan pelanggan dengan melihat bertambahnya jumlah siswa ditiap tahun tahun mendatang. Selaku manajerial sekolah, kepala sekolah percaya bahwa dengan bertambahnya jumlah siswa menandakan bahwa pelayanan yang diberikan pihak sekolah sudah optimal.
Kata Kunci: Kompetensi, Manajerial, Kepala Sekolah, Organisasi Sekolah
Download berkas