SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLI MOHAMAD / 131416004
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK Fadli Mohamad, 2020. SKRIPSI. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Kabupaten Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas, MM., M.Pd. Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd. Penelitian ini mengkaji pentingnya penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang: (1) strategi penguatan pendidikan di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo; (2) keterlibatan warga sekolah dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo; (3) keterlibatan orang tua dalam penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan yang data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) strategi penguatan pendidikan karakter terintegrasi kurikulum, habituasi/pembiasaan, dan hiden kurikulum. (2) keterlibatan warga sekolah dalam penguatan pendidikan karakter berupa memberikan contoh/keteladanan dalam setiap berperilaku yang sesuai dengan akhlak budi pekerti melalui pembiasaan disekolah seperti budaya 5S, LISA, dan kedisiplinan; (3) keterlibatan orang tua dalam penguatan pendidikan karakter berupa dukungan moral maupun material disetiap kegiatan baik pembelajaran ataupun aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Untuk itu disarankan: (1) Bagi dinas pendidikan terkait, perlu adanya kebijakan tentang penguatan pendidikan karakter; (2) Bagi kepala sekolah dan guru, disarankan mampu untuk melakukan evaluasi setiap bentuk penguatan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan; (3) Bagi Orang tua, agar lebih meningkatkan serta mengoptimalkan peran serta keterlibatannya dalam mendukung setiap bentuk program penguatan pendidikan karakter disekolah; (4) Bagi siswa diharapkan untuk lebih menekankan dan membiasakan diri untuk bisa mengaplikasikan berbagai bentuk pendidikan karakter. Kata Kunci: pendidikan karakter, strategi, peserta didik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011