Penulis / NIM
NURDAYANTI A. RAHMAN / 131416005
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui: 1) keefektifan supervisi akademik kepala sekolah di SMA se-kecamatan Tidore, 2) pengembangan kompetensi guru di SMA se-kecamatan Tidore, 3) hubungan keefektifan supervisi akademik kepala sekolah dengan pengembangan kompetensi guru di SMA se-kecamatan Tidore. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keefektifan supervisi akademik kepala sekolah di SMA se-kecamatan Tidore berada pada kategori baik dengan persentase 83%, 2) pengembangan kompetensi guru di SMA se-kecamatan Tidore berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90%, 3) keefektifan supervisi akademik kepala sekolah dengan pengembangan kompetensi guru di SMA se-kecamatan Tidore memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 0,581 atau 58%. untuk itu disarankan: 1) bagi kepala sekolah, disarankan agar terus meningkatkan supervisi akademiknya, 2) bagi guru, lebih baik lagi dalam hal mengembangkan kualitas diri yang diperlukan dalam kehidupan profesionalnya, 3) bagi peneliti, disarankan agar dapat memperluas lagi pengetahuan dan pemahaman mengenai supervisi akademik dan pengembangan kompetensi guru.
Kata kunci: Supervisi akademik kepala sekolah, Pengembangan kompetensi guru
Download berkas