Penulis / NIM
RIO FIRMANSYAH H. IGIRISA / 131416009
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
Rio Firmansyah H. Igirisa.2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpian partisipatif terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah. (2) Pengaruh kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah. (3) Pengaruh kepemimpian partisipatif terhadap kompetensi kewirausahaan kepala sekolah. (4) Pengaruh kepemimpian partisipatif dan kompetensi kewirusahaan kepala sekolah terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinn partisipatif terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah memiliki pengaruh dengan koefisien korelasi 0,49 atau 49%. (2) Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah memiliki pengaruh dengan koefisien korelasi 0,2209 atau 22,09%. (3) Kepemimpinn partisipatif terhadap kompetensi kewirausahaan kepala sekolah memiliki pengaruh dengan koefisien korelasi 0,1225 atau 12,25%. (4) Kepemimpinn partisipatif dan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo memiliki pengaruh dengan koefisien korelasi 0,8656 atau 86,56%.
Untuk itu disarankan: (1) Sekolah mengharapkan penerapan manajemen berbasis sekolah dapat terlaksana. Untuk itu kepala sekolah harus meningkatkan kepemimpinan partisipatif dan kompetensi kewirausahaan kapala sekolah. (2) Kepala sekolah diharapkan dapat mendesain program yang dapat meningkatkan kepemimpinan partisipatif, kompetensi kewirausahaan kepala sekolah agar kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah terlaksana dengan baik. (3) Diharapkan guru dapat megembangkan potensi diri agar bisa memahami penerapan manajemen berbasis sekolah guna meningkatkan kualitas sekolah. (4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bisa lebih mengembangkan penelitian variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah.
Kata Kunci: manajemen berbasis sekolah, kepemimpinan partisipatif, kompetensi kewirausahaan.
Download berkas