Penulis / NIM
ADELIA LESTARI NOHO / 131416014
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Adelia Lestari Noho. 2020. Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakuktas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Fory Armin Nawai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) program budaya literasi di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo, (2) strategi pelaksanaan budaya literasi di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo, (3) dampak budaya literasi di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility. Hasil penelitian menunjukan (1) program budaya literasi diantaranya program membaca setiap pagi, program sehari belajar diluar, program wajib kunjung perpustakaan, program sholat dhuha dan mengisi kotak amal dan program untuk menumbuhkan kreativitas siswa melalui pembuatan karya-karya, poster dan majalah dinding. Dalam menerapkan program ini sekolah mengadakan sosialalisasi, menyediakan beberapa persiapan berupa sumber daya manusia, perpustakaan yang memiliki banyak koleksi buku, pojok baca, taman baca, tangga literasi serta melakukan evalusi bulanan, (2) strategi pelaksanaan budaya literasi dilakukan dengan mengajak para siswa mengawali kegiatan dengan membaca doa dan memotivasi para siswa betapa pentingnya budaya serta dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik. (3) dampak budaya literasi pada siswa telihat pada saat pembelajaran yang sudah banyak memahami, menyimak, dan dapat menambah wawasan serta kedisiplinan guru dan siswa juga berdampak pada perpustakaan yang ramai dikunjungi sehingga sering mendapat buku-buku dan meja baca dari pemerintah. Menumbuhkan nilai-nilai religius, rasa ingin tahu, rasa tanggung jawab dan dapat menumbuhkan kreativitas siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Budaya Literasi
Download berkas