Penulis / NIM
ROSVINA TOLINGGILO / 131416018
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Rosvina Tolinggilo. 2020. Hubungan Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sosial Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Warni Tune Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-Kecamatan Kota Timur.(2) hubungan lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-kecamatan Kota Timur. (3) hubungan kompetensi profesional guru dengan lingkungan sosial sekolah di SDN Se-kecamatan Kota Timur. (4) hubungan kompetensi profesional guru, lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-kecamatan Kota timur. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan koefisien koreasi 0,27 atau 27%, (2) Lingkungan Sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,51 atau 51%, (3) Kompetensi profesional guru dengan lingkungan sosial sekolah dengan koefisien koreasi 15,73 atau 1573%, (4) Kompetensi profesional guru, lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,3 atau 3%. Untuk itu disarankan: (1) Kepada pihak kepala sekolah agar dapat menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan serta sarana-prasarana yang menunjang dalam kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi belajar, (2) Pihak guru diharapkan guru meningkatkan kemampuan kompetensi profesionalnya, (3) Siswa diharapkan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar di sekolah, (4) Bagi Peneliti diharapkan lebih variatif dalam mengembangkan penelitian variabel-variabel lain yang dapat berhubungan dengan motivasi belajar siswa, tidak hanya terbatas pada variabel kompetensi profesional guru.
Kata Kunci:Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sosial Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas