Penulis / NIM
LIAN ARISKA NGAIBO / 131416020
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Lian Ariska Ngaibo. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Prodi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Kadim. Masaong, M.Pd, dan Pembimbingan (II) Dr. Besse Marhawati, S.pd,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Conteks pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo, (2) Input Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo,(3) Proses Implementasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo, (4) Product pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi CIPP, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 40 orang, data dilaksanakan dengan menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Conteks pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik, (2) Input pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik, (3) Proses Implementasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori sangat baik, (4) Product pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori baik.
Saran : (1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan lebih mengetahui dan memahami program pelaksanan supervisi selaku penanggung jawab program tersebut kiranya kepala sekolah sudah lebih menguasai program tersebut dan lebih khususnya memahami program pelaksanaan supervisi tidak hanya menyerahkan semua tanggung jawab kepada operator, (2) Bagi Guru diharapkan bagi guru bisa lebih meningkatkan secara terus menerus kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran. (3) Bagi Siswa diharapkan bagi peserta didik lebih aktif dan semngat bahkan harus berpikir dalam menyelesakan tugas, tidak hanya menggunakan bahan yang sudah ada ditetapkan atau sekedar mengikuti prosedur yang telah di tetapkan unutk mengembangkan kompetensi siswa dalam berbagai aspek.
Kata kunci: evaluasi, supervisi kepala madrasah
Download berkas